Cara daftarkan Blog ke FEEDBURNER

Posted by Materi Pembelajaran Teknik Informatika on Sabtu, 03 Oktober 2015

Feedburner digunakan sebagai alat untuk memudahkan pengunjung untuk tetap bisa melihat Update blog melalui Email mereka. Dengan menggunakan Feedburner di website atau blog, pengujung blog yang telah berlangganan akan mendapatkan pemberitahuan update terbaru dari blog anda yang akan dikirimkan langsung ke email mereka. Ini akan membantu meningkatkan page view setiap artikel anda dan tentunya akan berpengaruh meningkatkan traffic blog anda. Feedburner akan memeriksa RSS Feed asli dari website/ blog anda secara berkala, bahkan bisa juga dilakukan setting agar setiap terdapat update artikel maka akan otomatis melakukan Ping ke Feedburner.
subscribe using feedburner 


Artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaiman cara mendaftarkan dan mengaktifkan feedburner di blog/ web. Memang terdapat banyak tutorial tentang cara mendaftar ke FeedBurner dimana itu semua tidak akan bekerja tanpa anda mengaktifkannya.


Cara Mendaftar Ke Feedburner 

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Kunjungi www.feedburner.com dan lakukan login dengan account Google atau Gmail anda.
2. Pada halaman Feedburner Google ini silahkan pada kotak isikan URL blog Anda, misalnya http://dapasun.blogspot.com/. ( sebelumnya alamat Blog ini adalah dapasun blogspot kemudian berganti domain menjadi seocips.com ) Lihat gambar dibawah ini:


Mengisi url blog ke feed burner
3.Setelah itu feedburner akan melacak alamat feeds anda. Pilih RSS atau Atom terserah anda karena semuanya sama.
Identify Feed Source



Jika Feed burner berhasil melacak website anda maka tampilannya seperti gambar di atas tapi jika tidak berhasil maka kemungkinaan akan ada tulisan Recived HTTP error."Not Found" while fetching source feed. kira-kira tampilannya seperti gambar di bawah ini.


Mengatasi Recived HTTP error

Untuk mengatasinya silahkan anda baca artikel sebelumnya : Cara mengatasi Recived HTTP error."Not Found" while fetching source feed dalam mendaftarkan blog ke Feed Burner.


4. Tentukan nama feeds anda kemudian klik next.


Mengisi nama feeds addres



 5. Setelah Klik next. Jika berhasil maka ada pemberitahuan yang menyatakan pembuatan feed Burner anda berhasil. Seperti gambar di bawah ini. Dan ingat atau simpan alamat feed burner anda seperti yang terterah di gambar. Selanjutnya klik Next.


Pembuatan feedburner berhasil



6. Selanjutnya anda akan diberikan beberapa pilihan, ikuti saja seperti gambar dibawah ini dan klik Next


Statistik feed



 8. Tanda anda selesai membuat feed Burners adalah seperti gambar berikut ini.


Selesai membuat feedburner

9. Selanjutnya setelah sobat membuatnya sekarang tinggal cara mengaktifkanya di blog atau website anda.


Cara Memasang Rss Feed Burner Ke Blog :

1. Masuk ke pengaturan Blogger Anda.

2. Pada menu Setelan pilih submenu Lainnya
3. Pilih Posting URL Pengubahan Arah Feed silahkan klik Tambah.
4. Masukkan URL Feedburner saudara.
5. Silahkan klik Simpan Setelan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.


cara memasang Rss feed burner ke blogger

6.Langkah selanjutnya adalah mendapatkan kode script feed untuk dipasang pada blog, jika anda ingin memasang feed tersebut. Misalnya Anda ingin memasang feed untuk gadget sidebar. Pilih salah satu services yang disediakan. caranya seperti berikut.

7.. Pillih Publicize >> Email Subscription >> Pada pilihan Use as widget in : ganti ke Blogger. Kemudian Copy script Feed Burner yang ada.


Seetingan Rss feed for blog

8. Masuk kembali ke pengaturan tata letak template anda dan pilih tambahkan gatget. Silahkan pilih dimana anda ingin meletakan widget feed burner anda misalnya di sidebar. Pilih tambahkan Gatget>>HTML/Javascript.


HTML/Javascript

9. Langkah terakhir silahkan masukan kode sript yang anda copy dari feed Burner Tadi. Kemudian simpan. Jika berhasil terpasang contohnya seperti gambar berikut ini.


widget feedburner terpasang di blog


 10. Selesai.

Bagaimana sobat? mudah bukan. Jika anda mengikuti langkah- langkahnya dengan benar pasti anda dapat berhasil memasang feeed burner ke blog atau website anda. Saya rasa cuup untuk saat ini dan semoga Cara Daftarkan Blog Ke Rss Feed Burner Terbaru dan Cara Memasang Rss Feed Burner Ke Blog dapat bermanfaat untuk anda.

=====================================================
JudulCara Daftarkan Blog Ke Rss Feedburner Terbaru
DeskripsiCara daftarkan blog ke Rss Feedburner terbaru - Cara daftar feedburner - Mendaftarkan blog ke Feedb...
AuthorMuhammad abdul azis
Author Rating
45 Suara

Blog, Updated at: 07.44

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS

Translate