Olahraga

Posted by Materi Pembelajaran Teknik Informatika on Jumat, 02 Oktober 2015

Proses Pembelajaran
Mengenai kegiatan perkuliahan di Prodi PKO, berdasarkan kurikulum yang sudah disusun dengan menerapkan pemanfaatan teknologi informasi yang sangat diperlukan dalam menunjang kegiatan mengajar dosen. Penggunaan internet misalnya akan mempermudah dosen dalam menambah wawasan ilmu pengetahuan, dengan cara mendapatkan beberapa referensi dan abstrak penelitian tentang pengajaran yang efektif dan efisien.
Untuk mencapai tingkat keterlibatan belajar mahasiswa, dosen Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga telah menggunakan berbagai strategi pengajaran misalnya penugasan, simulasi, magang di klub olahraga, dan sebagainya dengan tujuan agar mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dan terampil walaupun tanpa adanya perintah dosen dan mampu berinteraksi secara positif dan jujur, baik itu dalam perkuliahan di lapangan maupun di dalam kelas.
Peluang mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman materi khusus sesuai dengan bidangnya sangat terbuka. Pada setiap kegiatan perkuliahan, dosen seringkali memberikan arahan-arahan sejak pertemuan awal, terutama yang berkaitan dengan pengembangan pengetahuan dan materi yang sesuai dengan bidangnya, dengan tujuan agar setelah selesai studi, mahasiswa mempunyai bidang spesialisasi sesuai dengan bidang keahliannya yang diampu diperkuliahan. Selain itu, mahasiswa akan mampu memahami dan memanfaatkan kemampuannya sendiri, dan sedini mungkin dosen mendorong untuk banyak terlibat di luar perkuliahan baik itu di lingkungan kampus atau di luar kampus, agar kelak mahasiswa dapat memanfaatkan dan menerapkan keterampilannya di masyarakat.
Dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk belajar mandiri, mahasiswa dilibatkan dan diberikan kebebasan untuk memilih dan terlibat dalam kegiatan UKM (unit kegiatan mahasiswa) setiap sore hari, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan praktiknya dan belajar untuk mengelola kegiatan yang bersifat pelatihan dan pertandingan olahraga. Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya, dosen seringkali memberikan tugas-tugas akademik berstruktur. Untuk mengembangkan nilai, motivasi, dan sikap belajar mahasiswa, di sini dituntut keterampilan seorang dosen dalam menyesuaikan strategi dan metode dengan tujuan belajar.
Perkuliahan teori dilaksanakan di kelas dengan menggunakan ruang belajar yang refresentatif, setiap ruangan dilengkapi dengan infokus dan  perkuliahan praktik diantaranya praktik kecabangan, praktik tes pengukuran, praktik bimekanika, praktik analisis, praktik anatomi, dan praktik ilmu faal dilaksanakan di laboratorium yang  cukup representatif. Mata kuliah praktik yang memanfaatkan prasarana dan sarana tersedia di Universitas Islam Negeri Sgd Bandung, hampir untuk semua cabang olahraga antara lain tersedia gymnasium yang di dalamnya bisa dipergunakan bola basket, bola voli, futsal, atau cabang olahraga beladiri; selain itu prodi bisa memanfaatkan sport hall yang bisa dipergunakan untuk bulutangkis, tenis meja, senam dan sebagainya. Selain itu, perkuliahan bisa dilaksanakan di stadion atletik, dan kolam renang.  Selain fasilitas di luar gedung juga tersedia cukup ruang penunjang lain diantaranya: ruang pertemuan, ruang latihan beban, perpustakaan, laboratorium anatomi dan ilmu faal, laboratorium tes pengukuran, laboratorium biomekanika dan analisis, dan sebagainya.
Karena perkuliahan diselenggarakan dan diterapkan dengan sistem kredit semester, maka setiap mahasiswa pada awal semester diberi kesempatan untuk merencanakan sendiri beban studi sesuai dengan prestasi yang telah dicapainya.  Jumlah pertemuan  dalam perkuliahan selama satu semester adalah tatap muka untuk 2 SKS (16 kali).
Mahasiswa dilibatkan secara aktif dalam proses belajar.  Keterlibatan mahasiswa secara aktif dalam proses belajar akan terfasilitasi apabila mahasiswa dimotivasi untuk belajar.  Dosen seringkali memberikan umpan balik, sehingga mahasiswa akan lebih terfokus pada tugas belajar dan memotivasi serta memonitor respon-respon mahasiswa, seperti evaluasi mutu layanan dosen atas mutu pembelajarannya dengan demikian akan memberikan kontribusi yang berorientasi pada tugas dan lingkungan belajar yang kondusif.  Dalam mengembangkan suasana akademik yang kondusif, para dosen di program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Islam Negeri Sgd Bandung tidak hanya menggunakan salah satu strategi selama proses pembelajaran, mendesain pelajaran dengan format yang berbeda (individu, kelompok, partner, kelas), memilih mengkomunikasikan tugas dengan cara yang berbeda serta memberikan laporan kemajuan, umpan balik mahasiswa, dan evaluasi, hal tersebut diterapkan tidak hanya di lapangan, tetapi juga di dalam kelas.  Demikianlah kiranya rancangan yang menyeluruh untuk mengembangkan suasana akademik yang kondusif untuk pembelajaran.

Blog, Updated at: 08.08

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS

Translate